Tanda-Tanda dan Faktor Penyebab Nyeri Dada

Diposting pada

Gejala dan Faktor Penyebab Nyeri Dada – Mungkin anda pernah merasakan rasa nyeri terutama pada bagian dada. Biasanya nyeri pada bagian dada ini sering disebabkan oleh adanya penyakit jantung. Namun pada faktanya tidak semua nyeri pada bagian dada ini diakibatkan oleh adanya masalah pada jantung.

Didalam bagian dada banyak terdapat organ lainnya seperti paru-paru, otot-otot sistem pernapasan dan juga jantung. Maka dari itu jangan selalu menganggap nyeri yang timbul pada dada ini selalu dikaitkan dengan penyakit jantung, karena bisa saja nyeri tersebut karena disebabkan oleh gangguan pada organ-organ lainnya yang terdapat pada bagian tersebut.

Tanda-Tanda dan Faktor Penyebab Nyeri Dada
Nyeri Dada | (image source : lifestyle.okezone.com)

Kebanyakan dari kita memang kurang begitu memahami mengenai berbagai tanda dan penyebab nyeri pada bagian dada ini. Untuk itulah kita perlu benar-benar mengerti dan memahami tentang gejala dan faktor penyebab nyeri pada bagian dada ini.

Tanda-Tanda dan Faktor Penyebab Nyeri Dada

Ketika dada terasa nyeri atau sakit itu merupakan suatu tanda organ jantung sedang mengalami suatu masalah yang biasanya rasa nyeri tersebut terasa seperti tertimpa beban yang sangat berat. Rasa nyeri itu seringkali muncul pada beberapa bagian tubuh seperti di lengan, bahu, atau dibagian belakang tulang dada.

Jika rasa nyeri yang dirasakan berlangsung sampai lebih dari 10 menit, dan apabila ternyata rasa nyeri tidak juga mereda, hal itu berarti merupakan pertanda adanya gangguan di organ jantung yang lama-kelamaan bisa bertambah parah. Untuk itu jika anda sedang mengalami gangguan seperti ini, anda harus selalu membawa obat nitrat ketika sedang bepergian. Sehingga ketika gejala tersebut sedang kambuh, anda bisa langsung meminum obat tersebut untuk meredakan rasa nyeri.

Nyeri Dada Disebabkan Gangguan di Lambung.

Pada umumnya nyeri dada diikuti dengan gejala lain seperti misalnya rasa perih dibagian atas perut yang seringkali seseorang yang sedang mengalami nyeri dada terkadang akan mengalami muntah. Masalah nyeri tersebut biasanya merupakan sebuah tanda adanya masalah pada organ lambung yang seperti misalnya terkena penyakit maag. tingkatan rasa nyeri dada tersebut sebenarnya bergantung pada cara penyelesaiannya. Jika si penderita bisa langsung mengkonsumsi obat antacid, tentunya rasa nyeri di dada bisa cepat diatasi.

Nyeri Dada Disebabkan Gangguan di Paru-paru.

Tanda-Tanda dan Faktor Penyebab Nyeri DadaSatu hal lagi yang perlu anda ketahui adalah ketika organ paru-paru anda mengalami masalah atau gangguan. Hal ini juga akan memicu timbulnya rasa nyeri pada bagian dada. Apalagi jika rasa nyeri dada tersebut sering muncul ketika anda sedang mengalami batuk. Untuk menanggulangi masalah nyeri di dada seperti ini, anda perlu mengetahui dahulu apa yang menjadi penyebabnya.

Biasanya rasa nyeri yang timbul ketika anda sedang batuk bisa disebabkan oleh adanya peradangan yang menyerang bagian selaput paru-paru. Dengan mengetahui biang dari rasa nyeri atau sakit pada bagian dada ini tentu akan membuat penanganan menjadi lebih tepat. Sehingga gangguan tersebut dapat dengan cepat diatasi dan pastinya rasa nyeri dada tersebut bisa segera mereda.

Simak juga pembahasan tentang Pengaruh Rokok Elektrik Untuk Kesehatan

Itulah beberapa penyebab timbulnya rasa nyeri pada bagian dada yang terkadang banyak orang yang salah menebak dan menilai faktor penyebabnya. Anda juga harus tahu bahwa rasa nyeri pada bagian dada lainnya juga bisa terjadi dan penyebabnya adalah spasme dari otot pernapasan. Akan tetapi umumnya rasa nyeri ini akan hilang dengan sendirinya tanpa perlu mendapat penanganan khusus.

Setelah anda mengetahui dengan jelas gejala dan faktor penyebab dari rasa nyeri pada bagian dada, tentunya akan membuat anda lebih mengerti dan dapat dengan pasti menyimpulkan jenis gangguan yang anda alami jika tiba-tiba anda merasakan rasa nyeri pada bagian dada anda.

Sumber : hidupkusehat.com

Gambar Gravatar
PrastaWEB mengajak belajar nge-blog, berbagi semua informasi menarik, menciptakan suasana kondusif dan berusaha menjalin hubungan baik sesama blogger Indonesia.

Silahkan Berkomentar...!