Pengertian SEO dan Jenis-Jenis Algoritma Google Serta Perkembangannya Dari Masa Kemasa

Diposting pada

Pengertian SEO dan Jenis-Jenis Algoritma Google Perkembangannya Dari Masa Kemasa – Optimasi Search Engine memang terbukti memiliki dampak sangat besar bagi peringkat suatu website atau blog pada hasil dari mesin pencarian dalam kata kunci (keyword) tertentu. Namun dibalik keberhasilan sebuah website/blog yang berada di halaman bahkan peringkat pertama penelusuran tentu saja ada usaha yang dilakukan.

Usaha tersebut berupa kegiatan meng-optimasi suatu web atau artikel blog dengan menggunakan beberapa trik yang lazim disebut SEO (Search Engine Optimization).

Pengertian SEO dan Jenis serta Fungsi Algoritma Google
SEO dan Algoritma Google

Pengertian dari SEO adalah “suatu upaya untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari”.

Contoh sederhana yang menggambarkan tentang apa itu SEO?

Misalkan anda mempunyai website/blog personal yang membahas tentang ilmu kesehatan, baik itu berupa tips maupun cara hidup sehat dengan url web/blog http://www.hidupsehat.com misalnya. Kemudian anda membidik kata kunci (keyword) yang berhubungan dengan kesehatan, dan menempatkannya secara teratur dalam setiap kata maupun kalimat yang anda tulis pada website/blog.

Kita ambil contoh kata kunci yang akan dipakai oleh pengguna internet adalah “cara hidup sehat” dipenelusuran google. Kemudian keyword ini akan coba kita gunakan di mesin pencari. Lihat hasil pencarian dalam gambar dibawah ini !

Optimasi SEO website dan blog

Dan menurut dari hasil pencarian di google.co.id tersebut diatas, artikel web/blog anda berada di peringkat pertama (top #1). Nah, untuk dapat berada di peringkat utama atau sekurang-kurangnya ada dihalaman pertama google, dibutuhkanlah optimasi SEO tadi.

Mesin pencarian seperti google khususnya memiliki sistem pemrograman yang disebut dengan Algoritma google. Terkait dengan apa itu algoritma google, akan kita bahas pada lanjutan dari ulasan dibawah ini.

Apa yang dimaksud dan Cara Kerja “Algoritma Google” serta bagaimanakah hubungannya dengan Optimasi SEO?

Algoritma Google adalah sistem program yang berjalan dan dimodifikasi oleh programmer. Algoritma inilah yang menentukan penempatan posisi agar lebih akurat dan sesuai dengan kebutuhan pengguna search engine.

Google selalu melakukan perbaruan terhadap program algoritma tersebut untuk membatasi tindakan curang dalam memenangkan peringkat di serp. Sehingga web/blog dengan kualitas rendah atau termasuk spam tidak muncul sebagai sumber informasi yang dicari pengguna.

Nama-nama dan Cara Kerja Algoritma Google

#1. Algoritma Google Caffeine

Cara kerja Algoritma google Caffeine adalah sebagai infrastruktur untuk menentukan peringkat website/blog. Algoritma ini juga berguna untuk memperbarui indeks lama serta yang belum terjamah. Google pertama kali merilis algoritma Caffeine ini pada tahun 2009 yang lalu.

Algoritma Google Caffeine
image source : seon

#2. Algoritma Google Panda

Setelah merilis algoritma caffeine, google kembali meluncurkan algoritma baru yang diberi nama “Panda”. Seiring perkembangan jaman, google hanya mengutamakan website/blog dengan konten terbaik saja. Dengan algoritma Panda ini google ingin menegaskan bahwa konten adalah raja (Content is a King).

Artinya web dengan konten berkualitas rendah, seperti plagiat konten dan penggunaan script berlebihan yang menyebabkan web berat. Website dengan kualitas rendah tersebut akan jadi sasaran hukuman dari algoritma google “Panda” ini. Algoritma ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2011.

Algoritma Google Panda
image source : seon

#3. Algoritma Google Penguin

Jika cara kerja algoritma google Panda ialah untuk menganalisa konten suatu web/blog, maka algoritma Penguin adalah melacak trik penerapan SEO. Penguin membidik web yang menggunakan trik optimasi yang curang (Black-hat SEO). Seperti memakai keyword stuffing yaitu menerapkan kata kunci secara membabi buta dalam sebuah artikel dengan tujuan memenangkan peringkat serp. Atau juga trik manipulasi tautan (backlink) dengan cara-cara yang tidak sesuai panduan webmaster.

Dengan algoritma Penguin ini google akan membedakan mana web/blog yang memang layak untuk di kunjungi oleh pengguna maupun yang tidak. Dan hukuman terberat dari penguin bagi web/blog kualitas rendah tersebut bisa sampai deindeks (hilang dari penelurusan google).

Algoritma Google Penguin
image source : seon

#4. Algoritma Google Hummingbird

Berbeda jauh dari algoritma pendahulunya (caffeine, panda dan penguin), cara kerja algoritma Hummingbird untuk menyegarkan kembali indeks posisi peringkat di serp. Namun Hummingbird tetap menyimpan unsur-unsur penting yang terdapat pada algoritma pendahulunya, bisa dibilang bahwa algoritma ini lebih lengkap dan effisien.

Algoritma Google Hummingbird dimunculkan pertama kali menjelang haru ulang tahun google ke-15 pada 27 September 2013 lalu.

Algoritma Google Hummingbird
image source : dewaweb

Kesimpulan tentang Pengertian SEO dan Cara Kerja Algoritma Google

Setiap pengelola website atau blog pribadi wajib untuk mengenal SEO meskipun tingkatan paling dasar. Karena memaksimalkan kemunculan di mesin pencari akan berdampak baik bagi kemajuan web/blog itu sendiri. Namun sekarang ini banyak orang-orang yang tidak mau ribet untuk mempelajari tentang cara optimasi SEO. Sebagian masih memakai cara-cara instant seperti menyewa Jasa SEO untuk menaikkan peringkat web di penelusuran.

Hal itu sebetulnya sah-sah saja, asalkan penyedia jasa seo tersebut bisa menjamin bahwa mereka tidak menggunakan cara-cara curang dalam optimasi. Karena trik curang malah akan mendatangkan dampak buruk bagi web/blog.

Namun semua tergantung dari kita masing-masing, karena penggunaan jasa seo tidak dilarang google sama sekali yang penting dilakukan dengan cara yang sesuai dengan ketentuan dari webmaster. Jika anda ingin menggunakan Jasa SEO Indonesia maka pakailah penyedia jasa optimasi yang bisa memberikan garansi bahwa mereka menggunakan tehnik White-hat SEO.

Sekian yang dapat saya share kepada sahabat semua. Mudah-mudahan apa yang tertulis dalam post ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk share artikel ini agar semakin banyak orang yang tau tentang Pengertian SEO dan Jenis-Jenis Algoritma Google Serta Perkembangannya Dari Masa Kemasa. Semangat terus dan tetap salam SEO maksimal 🙂

Gambar Gravatar
PrastaWEB mengajak belajar nge-blog, berbagi semua informasi menarik, menciptakan suasana kondusif dan berusaha menjalin hubungan baik sesama blogger Indonesia.

Silahkan Berkomentar...!