Pengalaman Pertama Kali Blogging Sampai Menghasilkan Uang

Diposting pada

PrastaWEB – Aktifitas blogging memang menjadi salah satu cara pengguna internet untuk mendapatkan penghasilan. Dengan memberikan suguhan menarik, unik dan original banyak blogger yang menjadi jutawan dari hasil nge-blog.

Jika kita berbicara tentang kisah-kisah blogger sukses di Indonesia misalnya, tentu motivasi untuk membangun blog akan makin besar. Namun, kalo dari awal terlalu ber-“NAFSU” hanya bertujuan semata-mata duit saja, saya ragu apakah akan bisa konsisten dalam nge-blog/blogging.

Sedangkan blogging secara tidak langsung memiliki syarat mutlak bahwa konsistensi adalah faktor utama. Sebagus apapun konten blog tersebut, jika tidak dikelola dengan konsisten maka umur blognya tidak akan lama.

Sebaliknya, jika konsisten meskipun konten blog biasa-biasa saja pada akhirnya akan menemukan “jati diri” blog tersebut. Karena blogger yang konsis lambat laun akan mengerti dan paham tentang apa saja kebutuhan kebanyakan pengguna internet. Dan blogger yang konsisten, pasti akan terus berkembang pengetahuan bloggingnya.

Blogging

Saya masih ingat pertama kali membuat blog dengan platform gratisan (blogspot) tahun 2010, waktu itu kayaknya belum di akuisisi oleh google, karena saya bikin blog pakai e-mail dari yahoo. Isinya hanya sekedar catatan pribadi. Tidak pernah terpikirkan bahwa blog bisa menghasilkan uang, bisa di pasang ads/iklan, dan macem-macem. Selain itu, tujuan saya buat blog cuma untuk berinteraksi dengan banyak orang baik dalam maupun luar (negeri) selain YM (chatt), seperti sosial media lah kalau sekarang.

Saling tanam link agar tahu postingan terbaru masing-masing, berkomentar dan sebagainya. Tidak ada sama sekali pikiran mau di apakan blog nya selain kegiatan tersebut. Cuma berjalan setahun, akhirnya bosen, apalagi facebook sudah mulai populer. Jadi putar haluan dengan main facebook saja lebih gampang, dulu mikirnya seperti itu.

Tepat diawal tahun 2015 kemarin, iseng saya browsing di google dengan query “kisah sukses” (tujuannya buat nyari motivasi). Tertarik dengan 1 artikel dari sebuah blog yang membahas kisah sukses blogger yang jadi jutawan, saya masih ingat yang diceritakan oleh penulis blog tersebut adalah pemilik blog sugeng.id, pasti tahu kan?. Lalu saya baca sampai selesai, kemudian berpikir bahwa cerita ini “bohong”. Apakah memang benar, dengan cuma nulis-nulis di blog bisa dapet penghasilan?

Lalu saya cari lagi artikel yang membahas tentang pemilik blog tersebut, ternyata ada banyak sekali bloggers yang membahas kesuksesan pemilik blog sugeng.id ini. Akhirnya saya putuskan untuk mampir ke blog nya, dan kaget luar biasa dengan pengunjung blog tersebut, dari tiap artikel yang ada disana minimal ada 200-an komen. waaww..rame kayak pasar!!

Baru setelah itu saya dapat pencerahan bagaimana supaya bisa memanfaatkan internet melalui blogging untuk menghasilkan uang.

Ikut Kontes Seo Blogging

Selagi bingung mau menentukan tema blog, dapet pesan di e-mail tentang kontes seo dengan hadiah yang lumayan besar (total 30 jt), dengan jangka waktu kurang lebih 3 bulan. Akhirnya tertarik dan belajar seo siang-malam. Dapat teori baru langsung praktek, ada jurus baru praktek lagi. Hingga akhirnya tak terasa sudah kurang lebih 1 tahun berkecimpung didunia kontes seo.

Penyakit lama muncul lagi, yaitu “bosan”, meskipun jujur saja selama mengikuti kontes seo sudah lumayan menghasilkan. Tapi entah kenapa, ada rasa “ingin” blog yang saya kelola itu dikunjungi banyak orang, ada banyak yang berkomentar (seperti blog sugeng.id, dll), pengen ada iklannya. Karena kalau blog kontes seo tidak ada visitor, kecuali sama-sama pesaing kontes yang kadang-kadang ngintip. Pernah saya daftarkan adsense, tapi ditolak dengan alasan “lalu lintas organik”, pengunjung mungkin maksudnya.

Terus katanya kalau mau daftar sebagai publisher adsense artikelnya harus bahasa inggris supaya gampang diterima. Tapi berhubung bahasa inggris saya level SD (sekolah dasar) susah kalau mau nulis sendiri. Dan menurut saya pribadi, diterima nya seseorang untuk jadi publisher adsense bukan dari bahasa inggris atau tidaknya konten blog. Tapi dari layak atau tidaknya blog tersebut untuk dipasang iklan. Tentu saja yang paling penting adalah “visitor” yang konsisten bahkan meningkat setiap hari selama tidak melanggar TOS, saya rasa tidak ada alasan bagi google untuk menolak.

Menurut saya, konten yang disuguhkan benar-benar “ORIGINAL”, bebas copas memiliki kemungkinan yang cukup besar juga diterima oleh google adsense. Tapi beda orang beda pendapat, itu adalah pendapat saya.

Kesimpulan
Tidak ada salahnya memulai blogging dari sekarang. Cuma syaratnya harus konsisten menulis artikel, dan selalu berinovasi agar tetap bisa bersaing dengan bloggers lain. Berawal dari “NOL”, siapa tahu nanti angka nol tersebut ada banyak dibelakang angka 1-9 hasil dari blogging. Jangan terlalu memikirkan untuk dapat sukses dalam waktu singkat, karena hal tersebut rasanya mustahil.┬áBangun jaringan dengan banyak blogger lain, karena berkomunikasi sesama blogger akan saling menambah pengetahuan.

Terima Kasih sudah sudi mampir, be regards..!!

Gambar Gravatar
PrastaWEB mengajak belajar nge-blog, berbagi semua informasi menarik, menciptakan suasana kondusif dan berusaha menjalin hubungan baik sesama blogger Indonesia.

Silahkan Berkomentar...!