Kenali Meningitis dan Gejalanya pada Tubuh

Diposting pada

Kenali Meningitis dan Gejalanya pada Tubuh – Sejak tahun 2002, pemerintah Saudi Arabia mewajibkan semua orang yang ingin menunaikan ibadah haji untuk terlebih dahulu menerima vaksinasi meningitis. Langkah ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan terjangkitnya penyakit meningitis di antara para calon haji. Vaksinasi ini biasanya dilakukan satu bulan sebelum keberangkatan menuju Saudi Arabia.

Meningitis sendiri merupakan peradangan yang terjadi pada meninges atau selaput pelindung otak. Ketika mengalami peradangan, selaput otak akan membengkak dan sistem saraf akan terganggu. Gejala meningitis yang paling patut untuk diwaspadai adalah demam, sakit kepala dan leher yang terasa kaku. Meningitis ini dapat menyerang siapa saja dari berbagai usia mulai dari anak – anak hingga dewasa.

Pada anak – anak, biasanya meningitis akan menimbulkan gejala seperti kegelisahan dan tidak ingin disentuh, demam tinggi dengan tangan dan kaki yang terasa dingin, menangis seperti melengking atau high pitched cry secara terus menerus, anak akan terlihat bingung, lemas dan kurang responsif, beberapa anak akan menunjukkan gejala mudah mengantuk dan sulit dibangunkan, muntah hingga kejang – kejang.

Penyakit Meningitis

Sementara pada orang dewasa, meningitis biasanya akan menimbulkan gejala pada penderita berupa muntah – muntah, sakit kepala yang parah, kaku pada leher, demam tinggi dengan tangan dan kaki yang terasa dingin, nafas yang cepat, sensitif terhadap cahaya atau fotofobia, ruam pada kulit berupa bintik – bintik merah serta kejang – kejang. Meskipun begitu, gejala yang dialami sangat beragam tergantung dari respon tubuh penderita.

Meningitis ini dapat disebabkan oleh berbagai alasan secara infeksius maupun non infeksius. Meningitis infeksius dapat diakibatkan oleh agen infeksi berupa bakteri, virus, jamur atau parasit. Agen bakteri penyebab meningitis bisa menyebar melalui kontak langsung sementara agen infeksi virus dapat menyebar melalui udara ketika penderita mengalami batuk atau bersin.

Agen jamur penyebab meningitis biasanya merupakan hasil dari penyebaran jamur di sumsum tulang belakang dan akan semakin meningkat terutama ketika sistem kekebalan tubuh terganggu, seperti pada penderita HIV dan kanker. Selain bakteri, virus dan jamur, agen parasit juga bisa menjadi penyebab meningitis agen infeksius ini biasanya akan masuk ke dalam tubuh melalui hidung. Yang paling umum adalah infeksi dari parasit amuba Naegieria lowferi.

Penderita meningitis atau yang dicurigai mengidap meningitis harus mendapatkan penanganan secepatnya. Karena penyakit ini sangat berbahaya, maka penanganan yang tidak sesegera mungkin dilakukan akan menjadi sangat berbahaya bagi tubuh. Meningitis dapat dicegah dengan vaksinasi. Di Indonesia sendiri, terdapat dua jenis vaksin meningitis yaitu meningokokus polysakarida dan vaksin meningokokus konjugat.

Meningitis merupakan penyakit yang sangat berbahaya sehingga vaksinasi dianggap merupakan cara pencegahan yang paling tepat. Terutama ketika anda menghadapi wilayah yang rentan, segera antisipasi dengan melakukan vaksinasi sebelum perjalanan anda dilakukan. Segera waspadai gejalanya karena pada gejala ringan, penyakit ini cenderung disamakan dengan flu biasa.

Gambar Gravatar
PrastaWEB mengajak belajar nge-blog, berbagi semua informasi menarik, menciptakan suasana kondusif dan berusaha menjalin hubungan baik sesama blogger Indonesia.

Silahkan Berkomentar...!